Friday 26 September 2014

Belajar Style dan Efek Filter pada Photoshop

Setelah menulis Brush dan Gradient pada Photoshop, sekarang saya akan menulis Style dan Efek Filter pada Photoshop. Setidaknya semua komponen yang ada pada Photoshop anda harus mengetahuinya dan mahir menggunakannya, baiklah tanpa banyak basa-basi lagi silahkan anda baca dan pelajari apa yang saya tulis tentang sytle dan efek filter pada photoshop

Gambar Logo SoftwarePlayers

1. STYLE
Style adalah alat pada Photoshop dengan spesial efek yang dapat digunakan secara mudah dan cepat atau bisa dikatakan instant. Dengan satu klik sebuah gambar yang sedang dikerjakan atau diedit berubah dengan efek-efek yang dimiliki oleh Style. Photoshop sendiri telah menyediakan beberapa style yang dapat anda gunakan, namun anda juga dapat menambahkannya sendiri.

A. Menggunakan Style
- Pertama, buka software Photoshop
- Lalu open gambar yang akan diedit, saya menggunakan logo softwareplayers. Anda juga dapat menggunakannya untuk belajar style
- Hapus background gambar menggunakan Magic Eraser Tool, klik tepat dibagian yang berwarna putih

Gambar setelah background putih dihapus

- Setelah itu, pilih menu style disebelah menu anjustment (saya beri kotak kuning pada gambar dibawah)
- Klik style yang ingin anda gunakan untuk memberi efek pada gambar, cobalah satu persatu.

Gambar logo yang diberi efek style

B. Menambahkan Style
- Pertama download style dari situs yang menyediakan
- Anda dapat search Google "Download style Photoshop"
- Simpan file style yang telah anda download
- Pilih menu style seperti sebelumnya
- Klik icon bergambar arah bawah disebelah kanan menu style
- Pilih Load Styles...
- Open style yang telah anda simpan
- Atau anda klik pada style yang sudah disediakan Photoshop pada kotak yang saya beri garis merah, klik kiri lalu pilih append (menambahkan)

Gambar cara menambahkan style

2. EFEK FILTER
Efek Filter adalah efek-efek yang telah disedikakan photoshop, hampir sama dengan style namun efek filter lebih fokus pada satu efek saja misalkan blur, sketch dan lain-lain. Cara menggunakannya akan saya jelaskan, silahkan dibaca
- Buka software Photoshop
- Open gambar yang akan diedit, saya masih menggunakan logo software players
- Lalu hapus bakcground yang berwarna putih seperti sebelumnya
- Pilih Filter dibagian toolbar, lalu pilih efek yang saya beri kotak kuning
- Anda dapat mencobanya satu persatu

Gambar cara menggunakan fefek filter

Gambar yang telah diberi beberapa efek filter sekaligus

Sekian dari saya, terimakasih telah berkunjung semoga artikel ini bermanfaat. Sempatkanlah berkomentar, terus belajar dan berkarya. Salam sukses!