Thursday 25 September 2014

Belajar Teknik Dasar Memperbaiki Foto Pada Photoshop

Setelah menulis artikel teknik dasar membuat teks pada photoshop, kali ini saya akan menulis tentang teknik dasar menyempurnakan gambar pada photoshop. Banyak dari kawan saya ingin terlihat sempura difoto-foto yang akan mereka pajang disocial media atau tempat-tempat yang biasa digunakan untuk memajang foto, tidak terkecuali saya. Apapun motivasi anda, yang jelas saya tetap akan memberikan informasi tentang penyempurnaan gambar menggunakan photoshop mulai dari menghilangkan noda pada wajah, menghilangkan noise, dan lain-lain. Tanpa banyak basa-basi lagi silahkan anda baca dan pelajari.

Gambar Layar Kerja Photoshop

1. MENGURANGI NODA PADA WAJAH

Foto saya dan kawan saya

- Pertama, buka software photoshop
- Lalu buka foto yang akan anda edit, saya menggunakan foto sendiri. Silahkan gunakan foto anda sendiri
- Setelah itu pilih alat Spot Healing Brush Tool

Gambar letak Spot Healing Brush Tool

- Lalu klik kanan pada gambar, atur besar kecilnya alat yang akan digunakan
- Klik kiri pada noda-noda wajah yang mengganggu pemandangan
- Gunakan zoom untuk memperbesar gambar bila diperlukan, lakukan sampai benar-benar bersih

Gambar perbandingan, sebelah kiri sebelum diedit dan kanan sesudah diedit

2. MENGHILANGKAN OBJEK

Sumber Gambar : photobucket.com

- Saya memiliki dua cara dasar untuk menghilangkan objek
- Cara pertama adalah menggunakan Patch Tool
- Langsung buka foto yang akan diedit, disini saya akan menghilangkan bintang laut
- Anda dapat save dan gunakan foto yang saya gunakan
- Setelah gambar anda buka, pilih Patch Tool

Gambar Letak Patch Tool

- Seleksi bintang laut menggunakan alat tersebut
- Lalu tekan dan geser ke bagian lain yang warna dan backgroudnya sama

Gambar hilangnya objek

- Cara kedua adalah menggunakan Clone Stamp Tool
- Mulai dari awal, buka foto yang akan di edit
- Lalu pilih Clone Stamp Tool

Gambar letak Clone Stamp Cool

- Tekan ALT dan klik kiri pada keyboard dibagian yang lain
- Lalu klik kiri pada objek yang akan dihilangkan
- Lakukan sampai tertutup

Gambar hilangnya objek

3. MENGHILANGKAN NOISE
- Buka gambar yang akan diedit
- Saya menggunakan foto sendiri lagi
- Setelah itu pilih Filter pada toolbar > Surface Blur
- Lalu atur kotak dialog, atur hingga gambar terlihat lebih indah dipandang

Gambar saat noise sedang dihilangkan

Sekian dari saya, terimakasih telah berkunjung semoga artikel ini bermanfaat. Sempatkanlah berkomentar, terus belajar dan berkarya. Salam sukses!