Saturday 4 October 2014

Rendering Desain Google SketchUp Dengan Irender nXt

Irender nXt adalah salah satu plugin render untuk Google SketchUp. Menurut saya plugin ini terbilang ringan dan tidak memperlampat kinerja Google Sketchup saat digunakan, itulah kenapa saya menggunakan Irender untuk spesifikasi laptop yang low-medium. Sekarang, saya akan menuliskannya dalam sebuah artikel. Memperkenalkan fungsi dan cara menggunakannya. Disini saya menyediakan file Google sketchup full materials dan components untuk dirender, namun apabila anda memiliki desain sendiri tidak masalah. Anda dapat mendownload Irender nXt disitus resminya atau situs-situs yang menyediakannya. Baiklah tanpa banyak basa-basi lagi silahkan dibaca dan pelajari.

Catatan :
Silahkan download file Google Sketchup yang akan dirender via 4shared.com yang telah saya upload. Apabila anda membutuhkannya, disini download file Google sketchup

- Setelah anda mendownload Irender, silahkan anda instal
- Open file google sketchup milik anda atau yang telah anda download
- Disini saya menggunakan Irender versi trial, anda dapat melihat main tool dari Irender yang telah terinstal (saya beri kotak hitam)


- Fungsi main tool Irender akan saya sebutkan dari kiri ke kanan.


1. About Irender nXt (tempat meload plugin apabila anda ingin menjadikannya full version)
2. Render (untuk memulai rendering)
3. Restart (merestart ray baru)
4. Edit nXt Image (mengedit gambar yang berformat nXtimage file)
5. Setup Options (mengatur ukuran dan kualitas render)
6. Load Render Ready Components (meload components yang disediakan Irender)
7. Select and edit Materials (memilih dan mengedit materials)
8. Material Styles (bahan-bahan materials)
9. Image Layers Wizard (mengedit image sebelum dirender)
10. View Wizard (tempat menyimpan tampilan)
11. Create Plant Components (membuat components tanaman)
12. Open Sample Model (membuka sampel model)
13. Create Animation (membuat animasi)
14. Make Rpc Objek (menambah RPC alat bantu irender)
15. Help (disini anda dapat membaca secara detail fungsi-fungsi main tool Irender)
Tidak semua main tool dapat anda gunakan dengan versi trial.

- Sekarang saatnya merender hasil desain Google Sketchup yang telah anda siapkan, pilih icon render lalu akan keluar kotak dialog seperti gambar dibawah


1. Lighting presets (garis hitam)
- Studio high dynamic (render dengan detail)
- Exterior with sun (render luar ruangan berserta bayangannya)
- Interior with sun (render dalam ruangan beserta bayangannya)
- Interior no sun (render dalam ruangan tanpa bayangan)
- HDRi sky+background (render dengan memberi background)
2. Render Image size (garis merah), berfungsi untuk mengatus resolusi rendering. sm(kecil), med(sedang), lg(besar), hi-res(besar sekali). Custom untuk mengatur resolusi bebas dengan mengisi X dan Y.

- Baiklah setelah itu anda dapat memilih sendiri, disini saya memilih Exterior with sun, resolusi Lg, lalu Start rendering
- Tunggu sampai render selesai lalu save dengan mengklik gambar disk biru (icon sebelah kanan brightnes)


- Dan gambar dibawah adalah hasil dari beberapa posisi gambar yang selesai dirender






Selesai sudah desain akhir Google SketchUp, anda dapat mengeditnya lagi dengan software lain. Seperti memberi background, mengatur kontras warna dan lain-lain.

Sekian dari saya, terimakasih telah berkunjung semoga artikel ini bermanfaat. Sempatkanlah berkomentar, terus belajar dan berkarya. Salam Sukses!

9 komentar

2 September 2015 at 19:40 delete

Saya sudah install itu tools nya langsung ke folder sketchup saya, tp ga muncul tools nya di toolbar. Gmana munculinnya?

Tq b4.

Reply
avatar
2 September 2015 at 19:41 delete

Saya sudah install itu tools nya langsung ke folder sketchup saya, tp ga muncul tools nya di toolbar. Gmana munculinnya?

Tq b4.

Reply
avatar
20 November 2015 at 04:05 delete

mas,kalo boleh sy bertanya,,bagai man petunjuk instalnya yaa,,masukin ke sketchupnya?

Reply
avatar
20 November 2015 at 04:07 delete

mohon bantuannya mas,,kalo boleh sya minta software irendernya untuk belajar,?? trima kasih banyak,artikelnya sangat bermanfaat, hermen_arch09@yahoo.com, mohon di bantu mas ya,cara instalnya,itu email sy mas trimakasih

Reply
avatar
2 August 2016 at 17:16 delete

Saya juga sudah install itu tools nya langsung ke folder sketchup saya, tp ga muncul tools nya di toolbar. Gmana munculinnya?

Reply
avatar
28 November 2016 at 08:57 delete

Irenderny tidak muncul di tool nya,

Reply
avatar
9 May 2017 at 04:10 delete This comment has been removed by the author.
avatar